UMKM Penggerak Ekonomi Sulsel

By Admin

nusakini.com--Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta kepada Bupati/Wali Kota se-Sulsel untuk lebih memperhatikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerahnya masing-masing, sebab, UKM dapat memberikan kesejahteraan untuk masyarakat. 

Hal ini di sampaikan oleh Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri launching diklat kewirausahaan dan penghargaan sebanyak 3.048 kelompok pada 24 kabupaten/kota se Sulsel dalam rangka gerakan 1.000 kebaikan, di hotel Aerotel Smile, Senin (16/10). 

"Salah satu yang harus dilakukan untuk menghadirkan UKM yang makin kuat di masyarakat adalah dukungan dari pemerintah setempat mulai dari bupati, camat sampai kepala desa," katanya. 

Gubernur Sulsel dua periode ini menekankan, siapa pun kepala daerah yang terpilih harus bisa merangkul UMKM untuk menemukan upaya yang berdampak pada optimalisasi untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. 

Selain itu, menurutnya, UMKM harus dikelola dengan orang yang memiliki kemampuan wirausaha dan kemauan keras untuk membuat UMKM semakin kuat dan survive. Selain itu juga memiliki bakat dan mampu bekerja keras. 

Sementara itu, Kepala dinas koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan, untuk mendukung program Sulsel lebih maju, mandiri dan modern dalam kebersaaan maka di lauching diklat kewirausahaan oleh dinas Koperasi. 

"Tujuannya untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Sulsel dan pengembangan kualitas skill wirausaha Sulsel demi terwujudnya wirausaha mandiri dan profesional sehingga dapat membuka pasar dan menurunkan angka pengangguran," tutupnya. 

"Tingkat pengangguran makin kecil dan kemiskinan makin berkurang. Pertumbuhan ekononi tertinggi Sulsel terbesar karena semua dilakukan oleh rakyat," ujarnya. 

Malik Faisal juga mengaku,untuk memperbaiki bangsa dan memajukannnegara ini,maka salah satu yang harua dilakukan adalah melahirkan ukm hinggga kepelosok desa. (p/ab)